Move On dari FUS

Hai, hai, haiii.. kali ini aku mau sharing atau cerita tentang si meng-meng, bingung sih harus sambil seneng atau sedih nulisnya. Karena ini mungkin bakal lumayan panjang jadi langsung aja aku cerita, ngga usah basa basi ngga jelas kaya biasanya, (lah ini bukannya udah termasuk basa-basi ngga jelasnya bukannya, haahha).

Jadi seperti yang pernah aku ceritakan sebelumnya, sejak si meng-meng diusir dari rumah, kerjaan aku ya paling beliin dia makan, ketemu pagi-pagi sebelum berangkat kantor, ngasih makan, ketemu pas pulang kantor, ngasih makan, udah, gitu aja terus tiap hari. Apa yang si meng-meng lakuin atau kemana aja dia seharian itu udah ngga aku terlalu perhatiin, kalau dia datang ya tinggal aku kasih makan aja. Sampai tiba-tiba, ada yang berubah dari si meng-meng,ada yang agak aneh dari dia. Karena tingkah dia aneh, aku jadi merhatiin dia, kerjaan dia bolak balik di tempat yang ada tanahnya, disitu dia pasang posisi kayak mau pup, awalnya aku usirin, tapi aku jadi penasaran, akhirnya aku biarin tuh ya si meng-meng ngambil posisi pengen pup, lumayan lama dan muka dia itu kaya ngeden kesusahan gitu, pas aku cek, ngga ada yang keluar, sampai beberapa kali dia ngelakuin hal yang sama, tiap aku coba pegang dia langsung jadi galak gitu, ngga mau disentuh. Akhirnya aku tinggalin kan, dan baru aku cek lagi pas sorenya. Dia masih ada di sekitar tempat tadi, kali ini duduk aja sambil murung gitu mukanya, aku coba pegang juga dia masih marah-marah. Akhirnya dengan ke'sok tau'an aku, aku berkesimpulan kalau dia lagi sembelit.

Karena kasian, aku coba kasih dia makan, kebetulan ada sisa whisk*s si meng-meng yang belum sempat aku kasihin ke dia, berdasarkan hasil browsing-browsing kesana kemari, banyak yang bilang madu dan kuning telur bagus buat kucing yang lagi kurang sehat. Akhirnya whisk*snya tadi aku campur sama satu sendok madu dan kuning telor, pas aku kasihin dia masih nafsu makan, dan lahap banget makannya. Disitu perasaan aku udah agak tenang, dia masih mau makan, berarti ngga papa. Besok paginya, jeng-jeng, aku menemukan si meng-meng yang udah tiduran lemes gitu,kaya kucing betina yang udah mau lahiran. Aku elus-elus dia ngerang-ngerang kesakitan gitu. Kasian banget lihatnya, huhu..

Karena mulai panik, akhirnya mulai browsing-browsing lagi nyari tau gimana caranya nyembuhin kucing yang lagi sembelit (masih sok tau), akhirnya dapet saran untuk ngasih dia obat pelancar BAB, diantaranya dulcolax, lactulax dan mikrolax. Ini jangan ditiru ya, bener-bener ngerasa bersalah sama meng-meng dengan ke sok tau an aku ini. Yang pertama kita kasihin ke meng-meng itu dulcolax, satu tablet kecil itu tapi kita pecah lagi jadi dua, biar ngga kegedeaan, kasian kalau perutnya mules-mules. Sampai siang, nihil, ngga ada hasilnya, Lihat si meng-meng yang makin lemes juga kasian banget, akhirnya nekat kasih lactulax, dikit banget sih kita ngasihnya, terus kita paksain dia buat minum yang banyak. Kondisinya sampai saat itu, dia masih belum mau makan.

Sampai malam pun si meng-meng masih lemes, bahkan buat gerak jalan aja dia udah males, cuma tidur-tiduran aja, beberapa kali masang posisi buat pup, tapi ngga ada yang keluar, oiya, si meng-meng sempat muntah beberapa kali, yang terakhir agak kuning gitu muntahnya. Aku jadi kepikiran apa karena obat yang dia minum makanya dia jadi muntah-muntah gitu. Akhirnya yang terakhir kita (aku sama dua adik ceweku) kasih dia mikrolax, maaf meng-meng, waktu itu kita bodoh banget, malah bikin kamu kesakitan.. :(

Beberapa menit setelah aku kasihkan, si meng-meng emang langsung bereaksi, dia masang posisi pup dan bener ada pup dia yang keluar, walaupun kecil, dan bodohnya saat itu kita pada seneng, belum tau kalau sakitnya bukan karena sembelit. :'(. Malam itu aku bener-bener ngga bisa tidur dengan nyenyak, kepikiran di meng-meng terus, pas hujan deras tengah malem, akhirnya aku mutusin bawa masuk si meng-meng dan letakin dia di dapur, pas aku gendong, dia cuma mengerang lemah gitu kaya udah ngga berdaya, sedih banget, pengen nangis lihat dia kesakitan dan lemah kaya gitu. Aku tutupin badan dia pakai kain-kain yang tebel sambil terus-terusan ngelus badan dia pelan-pelan. Adek aku juga ikut kebangun malem itu, ngelihat meng meng selemah itu, akhirnya aku buat air yang dicampur madu sedikit, walaupun dia ngamuk ngga mau minum tetep aku paksa, aku harap dia ada energi sedikit dari air madu itu, bahkan ada sisa oleh2 air zam-zam di botol juga aku minumin dikit ke dia, sambil bacain doa terus untuk si meng-meng.

Paginya belum ada perubahan yang lebih baik, malah lebih buruk, pagi-pagi dia ditemuin lagi ngumpet sambil meringkuk di bawah wastafel, kayak ngumpet gitu, dan yang ngeselin waktu browsing di internet tentang kelakuan meng-meng ini aku malah nemuin artikel tentang tingkah laku/ ciri-ciri kucing yang udah mau mati. Hua sedih banget, mana pagi ini aku harus kerja, aku sama adek aku terus mikir, si meng-meng ini bisa bertahan apa ngga. Akhirnya adik aku mutusin buat cuti dan bawa si meng-meng ke klinik, aku ngga bisa cuti karena kebetulan besok lusa aku udah ngajuin cuti buat ke Jogja hadirin wisuda kakak aku, kebetulan adik aku ngga ikut ke Jogja jadi dia bisa izin sehari itu. Dan berdasarkan hasil berobat di klinik, si meng meng ternyata ngga bisa pipis,bukan ngga bisa BAB, ternyata kecing darah dan kelakuan dia suka pipis sembarangan itu ciri-ciri kucing yang lagi kena FUS, dan waktu dia dibawa ke klinik itu udah parah, hasil rontgen nunjukin kalau kantung kemihnya udah bengkak keisi sama urin, waktu itu dokter udah marah-marah, bahkan sebenarnya si meng meng itu dipegang pelan aja udah kesakitan banget, dan kita malah baru bawa dia ke klinik..Dokter sampe nyuruh adik aku untuk banyak-banyak berdoa, dokter cuma bisa bantu nolong sebisanya, selanjutnya tergantung sama Tuhan.. sedih banget waktu dikabarin kaya gitu sama adik aku. Cuma bisa merembes lihat foto-foto yang dikirim sama adik aku, waktu si meng-meng lagi di tindak :'(

Dokter masang kateter buat bantu ngeluarin urin yang menuhin kantung kemihnya, ada sekitar satu mangkuk urin dan warnanya merah gitu, setelah dipasar kateter si meng-meng sempat turun gitu suhu badannya dan ngga sadar-sadar padahal efek biusnya udah abis, tapi alhamdulillah, walau agak lama dia bisa sadar dan pelan-pelan suhu badannya mulai normal dan si meng meng boleh dibawa pulang, si meng-meng disaranin buat test darah untuk ngecek ginjalnya, karena dokter khawatir si meng-meng udah masuk dalam kategori gagal ginjal. :"(

Satu minggu kita ngerawat si meng-meng di rumah, awalnya waktu dia baru sampe rumah, dia masih kelihatan lemes, tiap kita panggil namanya, dia cuma bisa nanggapin dengan cara goyangin ekornya dengan pelan, waktu itu udah hopeless gitu, kaya mau relain aja, daripada dia tersiksa. Kita coba kasih makan juga dia ngga reflek, kata dokter kalau dia ngga mau makan coba dikasih susu, tapi susunya harus yang non laktosa, waktu itu disaranin susu bayi, bebelac apa gitu aku lupa namanya. Aku sempet baca kalau susu beruang juga bagus buat kucing, karena susu beruang beneral steril jadi aman gitu dan bagus buat proses penyembuhan, akhirnya kita mutusin buat kasih dia susu beruang, awalnya aku udah siap aja kalau dia tetep ngga mau, dan ternyata.. si meng-meng doyan banget susu beruang. Akhirnya seminggu itu aku ngga pernah berhenti buat selingin ngasih dia susu beruang, dan kalau soal makan, untungnya obat dari dokter bikin dia nafsu makan, jadi hari kedua si meng-meng nafsu makannya malah jadi tinggi banget, dikit-dikit minta makan mulu.

Hampir empat hari kayanya urin si meng-meng ini netes terus dari kateter, warnanya masih agak merah gitu, kita jadi bener-bener kaya ngerawat anak bayi yang kerjaannya ngompol mulu, mungkin ini yang dirasain para ibu yang punya bayi, tiap malam kebangun karena khawatir sama anaknya apalagi kalau anaknya lagi sakit.Nah, di hari ke lima urinnya udah agak jarang netes dari kateter dan warnanya pun mulai jadi kuning, ngga merah lagi, pas di hari ke enam dan kebetulan jadwalnya si meng-meng buat periksa lagi (cabut jahitan dan kateter), sekalian test darah, waktu itu aku sama adikku mutusin buat bawa dia ke rs hewan di daerah ragunan, karena harga di klinik lumayan mahal, jadi kita milih ke rs hewan aja (maklum tanggal tua, coba si meng meng punya bpjs). Sebelum sempat dibawa ke rs hewan, si meng-meng udah duluan nyabut kateternya sendiri waktu kita lagi pada meleng, sempet panik sih, takut ada infeksi karena ditarik paksa sama dia.

Siangnya si meng meng di bawa ke rs hewan ragunan, waktu di periksa dokter, katanya kantung kemihnya udah ngga bengkak, tapi tetep harus di tes darahnya buat ngecek ginjalnya. Dokterpun bersihin sisa benang jahit yang masih nempel, lucunya selama di rs si meng meng ini anteng banget, ngga berontak berontak kaya di rumah pas kita yang urusin sendiri, mungkinn dia tau kalau berontak nanti disuntik ama dokter, hahaha. Sambil was was nugguin hasil tes aku sempet ngobrol-ngobrol sama pengunjung yang juga lagi bawa hewan peliharaanya berobat, ada juga kucing yang sakit kaya meng meng dan dirawat, kita saling bertukar informasi tentang hewan masing-masing, lucu ya, biasanya ibu-ibu nukar informasi tentang anaknya masing-masing lah ini kita tukeran informasi tentang kucing.. hahaha. Ada juga yang bikin sedih waktu ada beberapa pengunjung yang hewan peliharaannya mati dan mereka nangis kehilangan, aku bisa ngerti banget apa yang mereka rasain, karena bagi kita-kita ini mereka bukan sekedar hewan peliharaan, tapi udah kayak keluarga sendiri. Tuh meng-meng kamu harus bersyukur karena kita lebih sayang kamu daripada uang yang dipake buat berobatin kamu..(karena emang biaya berobat di meng-meng ini lumayan banget totalnya)

Begitu hasil test keluar, rasanya lega banget, kata dokter meng-meng kondisinya udah bagus, bahkan ngga ada sisa infeksi karena pasang kateter, kantung kemihnya udah kempes, ginjal juga masih bagus, cuma tingkat urin didalam tubuhnya masih diatas normal, walaupun ngga parah, harus diawasin juga, dan hari itu aku baru tau kalau whisk*s yang selama ini jadi makanan kesukaannya itu ngga bagus terutama untuk kucing jantan, kita disaranin untuk sementara ngasih dia makanan yang ada fungsi urinarynya. Apalagi sekali kena FUS itu kucing jadi gampang kena lagi kalau makannya ngga dijaga, dan juga minumnya juga harus diperhatiin. Begitu keluar dari ruang dokter, rasanya aku ngga bisa ngilangin senyum bahagia dari wajah aku, aku ngelus-ngelus si meng-meng sambil ucapin terima kasih, terima kasih karena udah bertahan dan berjuang bareng, walau tetap aja mulai sekarang dia harus hati-hati dan diperhatiin, semoga kamu ngga sakit lagi yaa.. Semenjak dia sembuh, aku mulai nyari-nyari wet food yang bisa menjaga fungsi ginjalnya, dan yang pasti aku selalu maksa ngasih dia minum, biasanya aku paksa minum pake suntik kecil, habis kalau ngga gitu dia bisa jarang banget minumnya. Sekarang dia lagi hunting keluar, sejak sembuh kerjaan dia kejar betina buat dikawinin.. hadeeehh.. -_-

Jadi itulah cerita singkatku atau panjang yang sebenarnya, seengganya ini ngga sepanjang kisah-kisah di buku sejarah kan, hehe,, pesan dari cerita ini, jangan sekali kali sok tau atau ngambil keputusan sendiri apalagi berhubungan sama kesehatan, mending langsung ketemu sama yang lebih ngerti biar ngga lakuin kesalahan kaya aku diatas.. Jangan sampai ke sok tauan itu buat kita menyesal pada akhirnya.

As always, jangan lupa untuk tersenyum dan bersyukur hari ini.. :)))

Jakarta, hari minggu yang sendu, gara-gara hujan mulu dari semalam..
Tadinya mau lanjutin skripsi tapi malah nyangkut disini.. maap ya.. hehe..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahasa Papua

Games Pengisi Waktu Luang