Imajinasi

Libur tlah tiba, libur tlah tiba, hore.. hore.. horeee... (opening song, sambil nyanyi yah, ini wajib.. hahaha..) Yey, akhirnya kuliah udah libur, bebas deh sama yang namanya tugas, yuhuu.. tapi ngga bebas bebas juga sih karena kerja kan ngga libur, haha.. tapi tetep aja seneng bingggit loh, hidup ini terasa indah, biasanya pulang ke rumah jam 10 malam, sekarang pulang kerja bisa cuuss ke rumah, jam 6 lewat udah asik goyang dumang di rumah,, hahaha.. (engga deng, ngga goyang dumang juga, lg magrib2 nya tuh, tar kesambet lagi.. haha.)

Hari ini entah kenapa aku tertarik banget untuk membahas tentang imajinasi, (elah,, sok sokan, kaya dijadwal gitu.. hahaha). Imajinasi itu biasanya lebih identik dengan anak-anak, sampai kadang ada yang bilang dunia anak itu dunia imajinasi. Mungkin kita bisa ingat dengan jelas gimana masa kecil kita dulu (tepatnya aku sih,, hahaha), bermain masak-masakan, seolah olah kita benar benar sedang masak, sedang menjadi seorang ibu yang sedang memberi makan boneka yang dianggap anaknya itu (aku bahkan membolongi mulut bonekaku agar makanan yang aku buat bisa dia telan..aku ngga tau itu emang imajisasi atau akunya yang sadis.. hahahaha).

Selain itu waktu kecil dulu aku sangat suka acara lagu anak-anak. terutama acara cilukba yang dibawakan Maissy (yah ketauan deh umurnya..hahaha), saking ngefansnya sama Maissy yang terlihat cantik dengan rambut panjangnya, aku memakai celana tidur panjang dikepala, mengikat, bahkan mengepangnya seolah olah itu rambut, abis itu diatas kasur aku akan menyanyikan lagunya dan membayangkan sedang diatas panggung.. hahahaha. Dulu waktu kecil aku tidak dibolehkan punya rambut panjang, Ayahku tidak begitu suka, sejak TK rambutku tidak pernah melebihi leher. Jadilah celana celana panjang itu aku jadikan pengganti rambut panjang yang aku idam idamkan..dan setiap melihat ke cermin dengan rambut celanaku itu entah kenapa aku selalu merasa cantik.. hahahaha. (Malu juga kalau diingat ingat..XD).

Tapi kalian tau ngga sih imajinasi itu apa? kalau dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Imajinasi itu adalah daya pikir untuk membayangkan (dalam angan-angan) atau menciptakan gambar (lukisan, karangan, dan sebagainya) kejadian berdasarkan kejadian atau pengalaman seseorang, selain itu dalam KBBI, Imajinasi pun diartikan dengan khayalan. Jadi apakah imajinasi sama saja dengan khayalan? berarti kalau kita berimajinasi sama saja seperti kita menghayal? sedangkan kalau kata orang menghayal itu sesuatu yang tidak berguna, atau bisa dibilang hanya membuang buang waktu saja. Nah lohh?? Jadi apa berimajinasi itu buruk?? Padahal ada yang bilang orang yang suka berimajinasi itu orang yang kreatif.

Nah, ternyata, imajinasi dan khayalan itu berbeda. Khayalan itu adalah saat kita membayangkan sesuatu yang kita harapkan tapi itu mustahil untuk diwujudkan, contohnya nih, anak jaman sekarang yang ngefans banget sama idolanya, sampe bayangin nikah dan berkeluarga hidup bahagia sama idolanya tau-tau idolanya nikah sama orang lain, eh, dianya nangis sendiri patah hati sendiri,, (bukan curhat yah ini,, bukaaan..) itu namanya khayalan, sedangkan imajinasi itu contoh kasus anak kecil diatas, hahaha, dia membayangkan sesuatu dan dicapai dengan melakukan sesuatu yang bisa membuatnya mencapai hal yang diinginkan tersebut. Dan memang benar imajinasi bisa membuat seseorang menjadi kreatif, beda dengan khayalan yang hanya melamun dan membayangkan ilusi sesaat.

Pertanyaannya apakah imajisasi itu hanya ada pada diri kita saat kita masih kecil saja, atau saat kita remaja, dewasa bahkan telah berkeluarga nanti masihkan imajinasi itu muncul dalam pikiran kita? Kalau menurutku sih setiap orang punya potensi untuk berimajinasi, dan bahkan dari imajinasinya itu bisa saja dia akan menciptakan sesuatu yang akan dikenal oleh banyak orang. Aku sendiri kadang menggunakan imajinasiku untuk membuat cerita, aku memang suka menulis cerita, bahkan kadang kadang saat melihat satu adegan kecil orang lain saja didepan mataku, munculnya beberapa ide cerita pendek yang bisa aku buat, hahaha.

Salah satunya pengalaman pribadi sih, pernah makan sendirian gitu di kantin kantor, eh, ngga taunya saling tatap tatapan mata ama seseorang, yah walaupun ngga terjadi hal lain selain tatap tatapan sesaat itu di dunia nyata, aku melanjutkannya dalam bentuk cerita di dunia lain (dalam dunia cerita maksudnya, cerita pendek gitu.. hahaha..). Tapi serius itu bukan sekedar tatap tatapan biasa loh, itu kaya tatapan di sinetron sinetron gitu yang tiba tiba waktu berhenti, mana deket situ ada abang yang jualan kaset, diputarlah backsoundnya segala.. hahahha.

Udah cukuplah yah pembahasan imajinasi kali ini, biasanya ngga sepanjang ini loh aku kalau berceloteh disini, mungkin efek judul kali ya., hahaha.. Terakhir buar siapapun kalian yang ingin berimajinasi, berimajinasilah, karena imajinasi justru bisa membuat hidupmu jauh lebih berwarna. Salam Imajinasi.. (sambil meniru gerakan spongebob saat menyebut imajinasi, yang suka spongebob pasti tau episode ini.. hahaha).

Jangan lupa untuk tersenyum dan bersyukur hari ini.. :)))))))


Jakarta,, bukan bulan purnama karena nulisnya bukan malem malem,
Ditulis saat orang-orang lagi serius pantengin hasil quick count di tipi.. btw, salam bersama.. :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahasa Papua

Games Pengisi Waktu Luang

Move On dari FUS