Sakit Telinga Sebelah Kiri

Kali ini aku mau cerita salah satu pengalaman terpahit yang aku alamin baru2 ini, pahit banget deh pahitt.. Akhir bulan kemarin, tiba-tiba telinga kiri aku kayak penuh karena kemasukan air gitu, ngga enak banget deh rasanya. Nah, awalnya aku bertahan tuh kan ya, sehari dua hari tiga hari, mikirnya mah, biarin aja entar juga ilang sendiri. Akhirnya makin lama makin risih tuh karena berasa kayak kesumbat gitu telinganya, dan malam itu sepulang kerja, aku pun mulai mengubek ngubek lemari, nyari cotton bud, karena udah geregetan banget. Dengan semangat 45 nan penuh membara, aku bersihin tuh kuping, awalnya yang kanan, terus pindah ke kiri, nah yang di kiri ini, agak aku lama-lamain karena masih berasa penuh, tapi pemirsa yang terjadi adalah.. ngga kotor sama sekali dong, kan ngeselin ya.. aku nyerah membersihkan dengan cotton bud, aku cuekin lagi deh tuh telinga.

Besoknya.. jeng..jengg... "nyut..nyut..nyut" berasa nyeri-nyeri ngajak ribut di dalam telinga sebelah kiriku. Masih strong, jadi aku cuekin, untung hari Sabtu, ngga kerja. Tapi, siangnya makin parah dong, tiap nyeri rasanya pengen guling-guling atau jungkir balik dah, sakit banget, akhirnya abis makan minum parasetamol. Ilang tuh nyerinya, bisa bobo siang cantik. Bangun-bangun, mulai nyut-nyut lagi tapi ngga sakit-sakit banget, masih bisa ditahan. Sampe malam, mulai menjalar ke kepala. Serius, ini sakitnya kaya lagi sakit gigi, tapi nyut-nyutannya di telinga.. telingaaa pemirsa.. ngga bisa ngebayangin kan, jangan deh mendingan, jangaaannn..karena sakitnya itu ngga enak banget, beneran deh.. percaya sama aku..




Hari Minggunya, berharap semua sudah baik2 aja, tapi ternyata.. tidak ada yang berubah, sakitnya masih sama aja, ngga kurang, nambah malah iyaa.. Searching google, nemu info kalau kemungkinan ada infeksi di telinganya, mau ngga mau harus periksa kan ke dokter tht. Tapi karena hari Minggu, akhirnya memutuskan bertahan sampai hari Senin.  Tiap nyeri muncul, nyut nyutan langsung ke sekujur tubuh, badan juga mulai keringat dingin. Sabar,sabar, inget sakit bisa ngurangin dosa. Akhirnya selama hari Minggu aku coba pasrah, nerima tuh rasa nyut-nyutan yang super mengganggu. Bayangin aja, telinga itu kan alat keseimbangan tubuh, tiap nyeri rasanya kaya nyambung keseluruh badan. Seharian cuma bertahan mengandalkan parasetamol.

Hari Senin pagi, cuacanya ngga mendukung banget, hujan reda hujan reda gitu mulu dari pagi. Ngecek di rs terdekat dari rumah, jadwal dokter tht adanya sore kalau hari Senin, karena pagi itu belum nyeri-nyeri banget, udah gegayaan, milih masuk kantor aja, begitu sampe kantor, sakitnya langsung nongol. Lihat layar hp, sakit, lihat layar komputer, sakit, pengen nangis ya Allah, padahal udah sempet minum obat, dan kali ini kaya ngga ngaruh, masih aja nyeri itu dateng ilang dateng ilang.. Uring-uringan aja dah itu ngga bisa kerja, liatin jam mulu, pengen cepet-cepet siang, biar bisa makan terus minum obat lagi.


Malamnya aku ngga bisa tidur, karena apa? karena telinganya sakit banget, minum obat beneran ngga ngaruh kali ini, saking sakitnya boneka minion di kamar jadi korban karena aku remes2 setiap telinga mulai ngilu buat nahan sakitnya, luar biasa deh pokoknya, jangan harepin sakit kaya gini.
Besoknya aku izin ngga masuk kerja dan berobat  ke dokter THT di rumah sakit, ditemenin sama adek aku, dan yang paling nyiksa itu adalah nunggunya super lama banget, dari pagi aku baru masuk ruang dokter jam sebelas siang, selama nunggu rasanya pengen guling-guling karena berasa sakit banget.
Begitu masuk ruang dokter, telingaku dicek gitu, abis itu dimasukin alat ngga tau apaan, yang jelas telinga berasa kaya disemprot pake air, kenceng banget, kepala ampe keliyengan, abis disemprot terus dimasukin alat yang lain, telinganya dikorek-korek ama dokter, dibersihin pake alatnya sepertinya, nah, setelah itu tiba-tiba sakitnya ilang gitu aja, gila, bu dokter alatnya ajaib banget. Setelah dibersihin terakhir telinganya diolesin betadine sama dokternya.

Setelah dengar nasihat dari dokter akhirnya aku tau, kebiasaanku bersihin telinga di pagi hari adalah kesalahan besar. Sebenarnya telinga itu ngga boleh sering-sering dibersihin, mau itu pakai cotton bud ataupun pembersih telinga yang dari besi itu, tetep ngga boleh, kalau pun berasa kotor, cukup dibersihin pelan-pelan aja di ujung lubang telinganya, ngga perlu masuk banget ampe ke dalam seperti yang sering aku lakukan, karena sebenarnya kotoran telinga itu bisa keluar sendiri tanpa harus kita bersihkan. Terus kebiasaan bersihiin telinga itu ngga baik, kenapa? karena kalau sampai kulit rongga telinga bagian luarnya lecet nanti bisa infeksi, belum lagi kalau kena air waktu kita mandi atau ambil air wudhu, kulit rongga jadi lembab dan bisa makin parah karena menjadi tempat tumbuhnya jamur.. Nah di kasus aku, jamurnya udah mulai muncul dan berniat menjajah telinga aku, bayanginnya aja aku udah iuwww..


Nah setelah dibersihin gitu, aku dikasih obat pereda nyeri dan obat tetes telinga sama dokter. Setelah berobat nyerinya sih udah ngga balik lagi, kalau pun iya paling cuma sebentar, jadi obat nyerinya cuma aku minum berapa kali aja, nah, kalo obat tetes itu disuruh seminggu full ditetesin ke telinga, sehari 3 kali sebanyak 4 tetes, dan pantangannya telinga ngga boleh kena air sama sekali karena menurut dokter proses penyembuhan kulitnya itu sekitar seminggu.

Semenjak telinga aku sakit gitu sampe sekarang aku jadi anti banget pake cotton bud lagi, palingan kalau berasa gatel atau basah karena abis mandi, telinganya cuma aku bersihin pelan-pelan pake tissu.  Trauma ama rasa sakitnya, ngga mau lagi sakit telinga kayak gitu. Bahkan aku juga jadi jarang make headset lagi, padahal sebelumnya sering banget make headset buat denger lagu atau nonton, sekarang jadi aku kurangin, kalau pun pake juga paling cuma sebentar ngga berani lama-lama.. hehe

Nah kira-kira begitulah cerita yang mau aku sharing, mungkin bisa dijadiin pelajaran buat kalian supaya lebih berhati-hati lagi dalam menjaga hati eh salah menjaga kesehatan telinga maksudnya XD
akhir kata, seperti biasa.. jangan lupa tersenyum dan bersyukur hari ini.. :))))))))

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahasa Papua

Games Pengisi Waktu Luang

Move On dari FUS