Jadi Penulis?

"Halo, apa kabar dunia?" "Tetep asyiiikk", kalau kamu tau ini opening acara apa, fix kamu udah tua, hahaha. Kali ini aku mau sharing nih soal cerita yang akhirnya aku publish, dulu aku pernah buat resolusi di tahun 2018, dan disitu aku pernah bilang kalau pengen banget publish cerita aku buat dibaca sama orang-orang, dan yupp aku beneran lakuin itu, hahaha, tapi bukan di wattpad seperti yang aku rencanakan awalnya, tapi di sebuah platform sejenis wattpad tapi dia versi novel chat gitu, nama aplikasinya Joylada.

Sekitar bulan Februari tahun 2018, aku secara ngga sengaja ketemu aplikasi ini di playstore, waktu itu sih awalnya pengen download wattpad, terus pandanganku teralihkan ke aplikasi itu, terutama karena warnanya pink sih, hahahahaaa. Awalnya iseng doang pengen download, kali aja bisa baca cerita yang bagus, seingat aku waktu itu aplikasi ini masih baru banget, jadi belum banyak yang tau dan yang bikin menarik sih karena novelnya ini dibuat versi chat, jadi agak beda dan lebih menarik menurut aku, berasa lagi bacain chat orang gitu jadinya, hahaha.



Berawal dari membaca cerita satu berganti ke cerita lain, tiba-tiba ada cahaya dari langit yang memberikan aku inspirasi untuk coba ikutan membuat sebuat cerita, hahaha.Mumpung lagi anget juga kan itu idenya, langsung cuss nyoba sendiri, berasa kayak lagi buat fake chat berdasarkan kehaluan tingkat tinggi, engga deng imajinasi tau itu tuh, hehe

Munculah sebuah cerita berjudul "Posesif" sekaligus menjadi cerita pertama yang aku publish secara umum, tapi aku tetep pakai nama samaran, masih malu aku, apalagi nulis cerita roman anak remaja dimana jelas jelas aku bukan anak remaja lagi, hahaha, *ketawa yang kenceng klean*. Berhubung niat aku emang cuma nyoba dan iseng, aku buat ceritanya ngga terlalu panjang, soalnya buat bikin sebuah cerita dalam bentuk chat itu ternyata ngga semudah yang aku bayangkan, awalnya aku buat tiga chapter dulu, aku publish sekaligus, abis itu menunggu, menunggu komen ataupun rating yang mungkin aja dikasih pembaca di luar sana. Deg degan cuy, ciyus dah



Dan tau ngga, responnya positif bangett *terharuuu* dan tentu aja itu bikin aku jadi semangat buat ngelanjutin ceritanya, apalagi setelah ceritanya selesai, cerita aku masuk dalam kategori pilihan editor, seneng aja gitu rasanya, hahaa, sampai-sampai hampir punya pikiran buat beralih profesi jadi Penulis *ngakak* tapi percayalah jadi Penulis itu ngga mudah, harus benar-benar mikirin kerangka cerita dari awal sampai akhir dengan matang, sedangkan aku tipikel yang buat aja dulu mumpung ada ide dan akhirnya saat di tengah jalan tiba-tiba jadi blank, mentok gitu aja, dan harus bertapa buat nemuin ide lanjutan, hahaha.

Aku aktif nulis disana dari bulan Februari sampai Mei 2018, karena setelah "Posesif" cukup sukses, *halahhh gayaa banget lo wkwkwk* aku mulai nulis cerita-cerita lainnya, sampai akhirnya terhenti karena skripsi aku udah mau jatuh tempo, sumpah beneran deh aku jadi lupa sama skripsi waktu itu, akhirnya aku tinggalin Joylada, uninstall aplikasinya dan biarin salah satu ceritaku menggantung disana. Oiya, di Joylada nulis itu dapet duit, cuma waktu itu harus verifikasi segala macem dan KTP aku tidak diterima karena masa berlakunya udah lewat, diminta perbaharui lagi. Jadi Joylada ini sebenarnya dari Thailand gitu terus dibuat versi Indonesianya, makanya untuk rulesnya ikutin rules di Thailand, sayang sekali money-nya ngga bisa dicairin, padahal salah satu alasan semangat tulis cerita lagi karena ada duitnya, HAHAHAHA, waktu aku hitung-hitung sekitar 200rban sih dapet komisinya, padahal lumayan banget buat beli makanan koceng, wkwkwk

Singkatnya, setelah selesai masalah per-skripsi-an sekitar akhir September 2018 aku iseng download Joylada lagi, dan agak kaget lihat pembaca "Posesif" udah sampe 3M padahal dulu cuma 1.5 M waktu aku tinggal mudik ke dunia nyata *Apa seh*. dan salah satu cerita yang aku tinggalin tanpa kejelasan akhir cerita pun ternyata lumayan banyak yang baca dan sedih karena ngga aku lanjutin lagi, ya walaupun ngga sebanyak pembaca "Posesif" seengganya mereka baca cerita aku dan aku ngga mau kecewain mereka,waktu itu udah malas buat nulis sebenernya, karena males mikir sih, belum ngurusin kerjaan di kantor juga kan, tapi karena merasa seperti berhutang kalau ngga aku selesain akhirnya aku putusin buat selesain ceritanya. Mana aku lupa kan jalan ceritanya kayak apa, udah lama soalnya, waktu baca ulang cerita-cerita yang aku pernah buat, kadang suka ketawa sendiri sambil ngomong "bisa-bisanya gue nulis kayak gini, dapat inspirasi dari mana cobaa" bukan karena saking bagusnya, tapi saking "HALUUU"nya, oke, fix, aku korban drama korea sepertinya hahahha.




Setelah membayar hutang dan menyelesaikan cerita aku berhenti nulis cerita disana, tapi kadang suka kepikiran ide buat nulis lagi tapi di tengah jalan tiba-tiba kehabisan ide, akhirnya aku takedown dan hapus ceritanya, terakhir aku nulis sekitar bulan Juli 2019 karena kebetulan waktu itu iseng ikut event dan karena chapternya dibatesin jadi ngga perlu mikir cerita yang panjang. Selain itu di Joylada ada pembaharuan sistem pembayaran waktu aku balik, hitungan pembayaran uang disana udah ngga sebesar waktu awal muncul, kalau dulu "Posesif" aja bisa 200ribuan, waktu aku balik dan cek lagi, pembayarannya udah berubah drastis, cuma seribu duaribu guys, jadi total pun ngga sampe 100.000 lagi, agak menyesal juga sih dulu ngga cairin dulu, haha.

Sebenarnya ada satu tulisan yang sampai saat ini masih tersimpan rapi di brankasku, haha, cerita ini pernah aku singgung di blog aku yang resolusi tahun 2018 itu, dan juga cerita sebenarnya sangat ingin aku upload, kalau untuk jalan cerita sendiri sih bayangan plot/alurnya seperti apa sampai akhir sudah ada di kepala aku, cumaaaaa ya itu, kadang aku masih sulit buat menuangkannya ke dalam tulisan, terutama ke dalam tulisan yang bisa membuat si pembaca ikut terhanyut bersama jalan ceritanya. Sulit, ngga mudah, makanya aku selalu kagum sama mereka yang bisa pandai merangkai kata, keren sih menurutku, karena aku tau,itu ngga mudah, sangat ngga mudah. Karena itu rasanya aku belum berbakat buat jadi Penulis beneran dan aku pun memutuskan hanya akan menjadikan ini sebagai selingan atau hobi buatku, terutama buat mengisi waktu kosongku. Lagipula cerita-cerita yang aku tulis itu tentunya akan selalu terasa special setiap aku membacanya kembali, selalu ada rasa senang saat aku membaca tulisan-tulisan itu lagi, sambil berceletuk "Ya, ampun, ini cerita yang gue buat sendiri?"

Jadiiii,, cukup sekian yang ingin aku sharing hari ini, ohyaa, ini salah satu cerita yang aku tulis di Joylada, sekaligus my first story lohh, "Posesif" http://www.id.joylada.com/story/5a8670a5674d3f0001cbc23b

See you in next curcol yaaa, oiya udah lama ngga ucap ini *ketik sih sebenernya* jangan lupa tersenyum dan bersyukur hari ini.. :))))))))
Babaaaayyyy :)))


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahasa Papua

Games Pengisi Waktu Luang

Move On dari FUS